PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

1. Menurut Selo Soemardjan 
Adalah melihat kepada berbagai macam bentuk perubahan yang dimana terdapat didalam sebuah lembaga kemasyarakatan yang dimana didalamnya terdapat sebuah masyarakat yang akan memiliki sebuah pengaruh terhadap sebuah sistem sosial yang ada. Kemudian biasannya dari perubahan sosial menurut selo Soemardjan sendiri akan lebih menuju pada cukapan dari berbagai macam bentuk nilai, sikap, hingga pola dan perilaku yag dimiliki oleh seorang manusia.
2. Bentuk perubahan sosial budaya
Jika di amati dari filem dan lingkungan saat ini ada beberapa bentuk-bentuk dari perubahan sosial itu tersendiri yang dimana suatu perubahan yang mempengaruhi perubahan tatanan dan struktur dalam masyarakat. Nah disini  beberapa bentuk yaitu. 
a. Perubahan sosial berdasarkan arah dan pandangan masyarakat perkembangan yang dimana masuknnya elektronik seperti hp dulu ketika masih belom adannya hp kita pasti slalu bermain dengan teman-teman kita slalu tegur sapa disaat kita bertemu dimana pun itu nah saat ini kita sudah lupa akan hal itu semua ketika bertemu kita tak pernah saling menyapa apalagi ketika kita sedang berkumpul sesama teman pasti sibuk sendiri akan hp masing-masing dan kebersamaan itu tidak penah terjadi sehingga akan merasa terasingi. Sopan santunpun sudah tersisihkan saat ini Berdasarkan pengaruh sudah pasti itu terjadi dikarnakan saat ini tren-tren sudah banyak dapat kita temui khususnnya di dunia digital ini yang dulunnya rapi dalam berpenampilan saat ini sudah tidak lagi, kebersihan tidak ada seolah-olah penampilan sudah menjadi gaya tersendiri dalam berpakaian karna mengikuti tren yang ada.
3. Penyebab perubahan sosial budaya
Perubahan sosial budaya ini tidak terjadi begitu saja dikarnakan ketidak puasan masyarakat terhadap keadaan yang ada saat ini da juga adannya kesadaran masyarakat untuk menyesuaikan dengan diri dengan hal-hal baru bisa dibilang takyt dikatakan ketinggalan zaman.
Penemuan baru yang dimana saat ini mengikuti zaman dikarnakan sering waktu perubahan-perubahan itu semakin meluas contoh hadphone. Dahulu sebelum adannya telepon untuk berkomunikasi orang harus bertemu, setelah adannya telpon keadaan berubah orang dapat berkomunikasi tanpa harus bertemu dan bisa melakukan tatap muka langsung serasa berbicara didepan.
Adannya pengaruh dari kebudayaan lain, sifat kebudayaan dalam masyarakat adalah cenderung saling mempengaruhi dapat mengakibatkan masyarakat yang satu dapat mempengaruhi masyarakat yang lain. 
4. Dampak perubahan sosial
        Menurut Selo Soemardjan adalah perubahan sosial sebagai perubahan pada lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat yang berpengaruh pada sistem sosial, sikap, dan perilaku kelompok-kelompok sosial yang ada dalam masyarakat.
1. Dampak positif
  1. Pesatnnya perkembangan teknologi. Yang dimana teknologi adalah merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari saat ini, melalui teknologi masyarakat tidak hanya bisa mengakses informasi tetapi juga bisa saling memberikan informasi.
  2. Nilai dan norma sosial, Seperti halnnya saat terdahulu yang dimana nilai dan norma sosialnnya terkadang masih ada sampai saat ini seperti kesepakatan masyarakat secara tidak tertulis dalam suatu hal peraturan-peraturan yang ada didesa. Jka diera yang maju saat ini ada beberapa norma itu contohnnya : jika ada yang melanggar akan mendapatkan sanksi, ada juga munculnya UU No. 21 Tahun 2007 yang membahas tentang perdagangan manusia sendiri mulai marak akhir-akhit ini, tidak hanya di indonesia tetapi juga di negara lain.   
  3. Struktur dan hubungan sosial
  • Berfikir maju
Masyarakat akan mendapatkan pengetahuan dan perembesan teknologi, sehingga dapat mendorong masyarakat untuk berfikir maju, seperti dilingkungan saya saat ini ketika masyarakat akan melakukan sebuah tindakan dalam hal berdagang maupun pendidikan dan untk mengembangkan suatu desa yang lebih maju bagi kepala desa. Bagi pelajar akan lebih giat lagi dalam menuntuk ilmu dan melanjutkan keenjang yang lebih tinggi lagi sehingga pengangguran akan sedikit berkurang.
  • Mempererat persahabatan antar warga yang akan dilakukan dalam berkumpul bersama dan gotong royong 
  • Munculnya adannya pembagian kerja dalam masyarakat
Hubungan kerja yang terjadi antar individu dalam sebuah perusahaan terjadinnya kemajuan di masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan baik secara sosia budaya :
  1. yakni berkembannya ilmu pengetahuan yang dimana ilmu pengetahuan ini bukan dilihat dari segi pengetahuan yang biasa kita ketahui melainkan semua ilmu pengetahuan seperti cara membuat obat, menanam sayuran agar lebih cepat berkembang.
  2. Menciptakan tatanan kehidupan masyarakat yang lebih modern dan ideal. Dan kesetaraan gender yang dimana saat ini laki-laki maupun perempuan berhak dalam berkarir
  3. Menciptakan jenis-jenis lapangan pekerjaan yang baru. Seperti didesa saya hanya bekerja sebagai buruh dan petani, sekarang sudah berbagai macam lapanga ekerjaan seperti : guru, karyawan, kuli bangunan dan masih banyak lagi.
  4. Semakin banyak tenaga kerja profesional yang lahir
Apoteker, dokter, guru, kades dan bidan, perawat yang akan slalu membantu masyarakat.
  1. Dampak negatif
Bisa disebut disorganisosial yakni merupakan proses melemahnya nilai dan norma dalam suatu masyarakat, yang dimana masyarakat cenderung beralih kepada sikap individualistis dan kurang memperhatikan lingkungan sosial sekitar. Pergeseran budaya yang dimana kita sudah melupakan atau menggeser budaya kita sendiri.
  • Kenakalan remaja kian marak adannya yang dimana yang sangat mempengaruhi tentunnya teknologi dan lingkungan sekitar orang tua juga termasuk karna saking sibuk dengan pekerjaan mereka kurang emerhatikan anak dan ketika sedang bersama keluarga seuannya slalu sibuk dengan hp masing-masing, dan apa yang dilihat itu yang mereka tiru.
  • Budaya Lokal semakin tergeser oleh budaya asing yang dimana disaat ini banyak pendatang yang sudah masuk di indonesia khususnya lombok dunia kebarat-baratan sudah masuk seharusnyya kita memperkenalkan budaya kia akan tetapi seakan-akan kita sudah menggeser budaya sendiri karna mengikuti perubahan zaman dan tren yang ada, cara gaya bicara, berpakaian.

Refrensi
 https://brainly.co.id/tugas/1228489, diakses 8 April, 2020 pkl 20:00






https://brainly.co.id/tugas/142444, diakses 15 April, 2020 pkl 07:15


https://blog.ruangguru.com/mengenal-dampak-perubahan-sosial-terhadap-masyarakat, diakses 9 April, 2020 pkl 10:59


 https://Brainly.co.id/tugas/142444, diakses tgl 15 April, 2020 pkl 07:41


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK “KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN MORALITAS DAN KEAGAMAAN REMAJA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN”

MAKALAH DASAR-DASAR LOGIKA PENGERTIAN, OBJEK KAJIAN,, MACAM-MACAM SEJARAH, HUKUM DAN MANFAAT LOGIKA

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR SOSIOLOGI YANG MENARIK MINAT BELAJAR SISWA